Aplikasi Erupam Lapas Terbuka Kendal Dilirik Rutan Salatiga

    Aplikasi Erupam Lapas Terbuka Kendal Dilirik Rutan Salatiga
    Lapas Terbuka Kendal Pakai Aplikasi Erupam

    KENDAL – Perkembangan teknologi sepantasnya dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan. Memanfaatkan perkembangan teknologi, Lapas Terbuka Kendal pada Oktober 2021 meluncurkan aplikasi Erupam (Elektronik Rupam) yang diresmikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

    Berbasis web dan android, aplikasi yang digagas Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy dikembangkan untuk memfasilitasi Regu Pengamanan dalam membuat laporan digital secara real time serta dapat dimonitor sewaktu-waktu.

    Kemudahan dalam penggunaan aplikasi ini mulai menarik Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan lain. Kamis (19/01/2023), Lapas Terbuka Kendal menerima kunjungan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Salatiga, Kumroji beserta dua pelaksana/staf keamanan.

    Bertempat di Pos Regu Pengamanan, Kepala Kesatuan Pengamanan (Ka KPLP) Darmono dan Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib Lapas Terbuka Kendal, Jonet Darmawan Adi menyambut kedatangan petugas Rutan Salatiga. Pada kesempatan ini, Darmono menerangkan alur aplikasi erupam.

    “Jajaran pengamanan Lapas Terbuka Kendal sudah setahun lebih menggunakan aplikasi erupam. Aplikasi ini memudahkan petugas jaga dalam membuat laporan, mulai dari input petugas, jumlah warga binaan, inventaris sarana pengamanan hingga kegiatan selama regu pengamanan bertugas dalam satu sifnya, ” terang Darmono.

    Lebih lanjut, Darmono menyampaikan bahwa penggunaan aplikasi erupam juga memudahkan dalam monitoring dan pengesahan laporan. “Dalam memeriksa dan mengesahkan laporan regu pengamanan tidak perlu harus ke kantor, karena aplikasi ini online pengecekan serta penandatanganan laporan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, ” imbuh Darmono.

    Sementara itu, Kasi Admin Kamtib, Jonet menyampaikan bahwa output atau keluaran dari aplikasi erupam berupa file digital memudahkan jajarannya dalam pengarsipan. 

    “Salah satu tugas dari Seksi Admin Kamtib adalah menghimpun laporan regu pengamanan, karena file dalam bentuk digital tentunya memudahkan dalam pengarsipan dan apabila sewaktu-waktu diperlukan file mudah dicari, ” ucap Jonet.

    Di tahun 2022 telah dilaksanakan pengembangan fitur aplikasi erupam dengan penambahan menu perwira kontrol dan perwira piket. Aplikasi Erupam menjadi salah satu bentuk penerapan e-gov di Lapas Terbuka Kendal.

    (N.Son/***)

    jawa tengah kendal
    Narsono Son

    Narsono Son

    Artikel Sebelumnya

    Lapas Terbuka Kendal Peringati Hari Kesadaran...

    Artikel Berikutnya

    Kalapas Terbuka Kendal Sampaikan Arahan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Hendri Kampai: Revolusi Penulisan Rilis Berita dengan Bantuan Artificial Intelligence (AI)
    Semangat Tak Kenal Lelah, Satgas TMMD Kodim 1805/Raja Ampat dan Warga Terus Bangun RTLH Meski Panas Terik Menghadang
    Ini Komunikasi Sosialnya Babinsa Kodim Klaten Di Kantor Desa Dompol
    Peringati HKGB ke 72, Bhayangkari Preneur Expo 2024 di Jateng: Sinergi untuk Menggerakkan Ekonomi dan Kewirausahaan

    Ikuti Kami